§menggunakan format dan bahasa yang komunikatif dan mudah dipahami
§berkaitan erat dengan hasil belajar yang ingin dicapai siswa;
§memuat hasil pengolahan data yang konsisten (ajeg);
§menitikberatkan pada hasil yang dicapai siswa;
§berisi informasi tingkat pencapaian hasil belajar dalam kaitannya dengan standar kemampuan yang ditetapkan;
§memberikan informasi kemampuan akademik (penguasaan standar kemampuan mata pelajaran), sosial, emosional dan fisik yang dicapai siswa;
§konsisten dengan pelaksanaan penilaian;
§dapat memberikan informasi untuk melakukan diagnostik hasil belajar;
§memberikan informasi yang dapat membantu orang tua untuk lebih mengembangkan dan meningkatkan kemampuan siswa;
§dapat memberikan informasi kemampuan siswa secara individu maupun kelas dalam mencapai kompetensi dasar;
§menarik dan memuat aspek-aspek yang berguna bagi peningkatan kemampuan siswa.
BEBERAPA JENIS DAN MODEL LAPORAN
ASESMEN PROSES DAN HASIL BELAJAR
¨Menggunakan Angka
¨Menggunakan kategori
¨Menggunakan Narasi Laporan naratif
¨Menggunakan Kombinasi seperti Angka
¨Menggunakan Grafik
¨mempertimbangkan tingkat kompetensi siswa dalam mata pelajaran.
¨mempertimbangkan pelaksanaan diagnostik kesulitan belajar siswa.
¨pelaksanaan program perbaikan dan pengayaan.
¨sebagai sumber untuk wali kelas dalam kepentingan kenaikan kelas.
¨melihat tingkat kemampuan siswa dalam kelasnya.
¨sumber informasi bagi orang tua tentang perkembangan dan tingkat kemampuan anaknya.¨
ASPEK LAPORAN HASIL BELAJAR SISWA OLEH
WALI KELAS
¨Aspek sosial
¨Aspek emosional
¨Aktivitas fisik
Pengguna Laporan Hasil Asesmen Proses dan Hasil belajar
¨Para orang tua memiliki hak untuk mengetahui apa yang berlangsung di sekolah tempat putra putri mereka belajar.
¨Pengetahuan yang diperoleh dari laporan akan menciptakan hubungan yang baik antara orang tua dan guru.
¨Komunikasi yang baik antara orang tua dan guru akan menghasilkan perbaikan-perbaikan dalam belajar dan sikap.
¨
MEMPERSIAPKAN LAPORAN
¨Menentukan pihak yang akan menerima laporan tersebut. Pihak-pihak yang bisa menerima laporan tersebut adalah siswa, orang tua, dewan sekolah, atau pun masyarakat.
¨Menentukan bagaimana hasil berbagai asesmen akan membantu sekolah memperbaiki proses belajar mengajar.
¨Mengetahui kenapa hasil asesmen perlu dilaporkan. Pernyataan berupa rasionalisasi dalam hal ini cukup penting untuk dilakukan.
¨Mengetahui dengan jelas informasi apa yang akan dikomunikasikan, untuk tujuan apa, dan menggunakan teknik pelaporan apa. Yang perlu Anda ingat, penggunaan berbagai strategi akan menjadikan pelaporan menjadi lebih efektif.
METODE ALTERNATIF UNTUK MENGKOMUNIKASIKAN LAPORAN HASIL
ASESMEN
¨Menggunakan Kartu Laporan (Report Card)
¨Konferensi
Guru-Orang Tua
¨Newsletter (nawala) dan Web Site
¨Melaporkan hasil asesmen kepada siswa
¨Melaporkan Hasil Asesmen kepada Orang Tua
¨Melaporkan Hasil Asesmen kepada Dewan Sekolah
¨Melaporkan hasil asesmen kepada siswa
¤menyelenggarakan pertemuan antara guru dengan orang tua secara individu.
¤membuat laporan tertulis yang dibuat untuk masing-masing siswa dan dikirim ke rumah.
¤melakukan pertemuan dengan para orang tua secara bersama-sama.
¤menulis artikel pada newsletter
yang diperuntukkan bagi orang tua siswa.
MENJALIN KOMUNIKASI DENGAN PARA STAKEHOLDER
¨Jenis kecakapan dan pengetahuan yang dinilai pada suatu tes.
¨Cara menskor suatu tes.
¨Jenis pertanyaan yang diberikan.
¨Makna hasil asesmen dan cara pemanfaatan hasil tersebut.
¨
Tidak ada komentar:
Posting Komentar